Monday, February 22, 2016

Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Bojonegoro, membuat terobosan dalam pengelolaan sampah. Mengingat masalah darurat plastik saat ini tengah menjadi sorotan. Sampah plastik akan diteliti, sekaligus dibersihkan untuk diproses menjadi solar, bensin dan minyak tanah.
Kepala Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Kabupaten Bojonegoro, Nurul Azizah, menjelaskan keberadaan bank sampah di TPA Banjarsari tidak hanya menampung sampah. Namun sampah plastik yang sudah dibuang akan diteliti, sekaligus dibersihkan untuk diproses menjadi BBM.

"Pasukan kuning berusaha keras untuk menjadi tenaga yang berkualitas, dengan terus mengupayakan inovasi baru tentang pengelolaan sampah. Karena dari sampah bisa menjadi penghasilan dan mendatangkan rupiah," jelas Nurul Azizah.

Dalam pengelolan sampah di TPA, menjadi pengelola sampah terbaik se Provinsi Jawa Timur, dengan katagori pengelolaan sampah penuh inovasi. DKP masih menyadari bahwa dalam pelaksanaaan tugas masih ada masalah tentang sampah. Untuk itu, DKP penuh inovasi dan berkelanjutan mengelola sampah.

Saat ini bank sampah masih belum memproduksi BBM, tapi dengan peningkatan pengolahan sampah yang penuh inovasi, maka suatu ketika akan menjadi penyuplai bensin, solar dan minyak tanah bagi masyarakat Bojonegoro.

"Selain itu akan mengurai pengeluaran bagi penggunaan BBM, misal untuk alat pemotong rumput di TPA sudah menggunakan bensin hasil dari pengolahan sampah," tutup Kepala DKP Bojonegoro. 

1 comments:

Post a Comment

Google AO

E-mail : wartabojonegoro16@gmail.com

Popular Posts

Powered by Blogger.